Cara AC bisa di gunakan juga sebagai pemanas air

      5 Komentar pada Cara AC bisa di gunakan juga sebagai pemanas air

Cara AC bisa di gunakan juga sebagai pemanas air

Kali ini Bintang Service berbagi informasi tentang AC (air conditioner) di gunakang juga sebagai pemanas air atau yang sering kita kenal Water Heater ,tapi kali ini pemanas air tanpa menggunakan tambahan aliran listrik , hasil untuk mendapat suhu panas kita menupang pada condensor pada AC , dan tentunya kita tidak perlu tambahan bulanan untuk bayar listrik

Langsung saja pada pokok permasalahan yang sedang kami jelaskan pada artikel tentang AC plus Water Heater, yang harus di agar bisa di gunakan pemanas air

  1. cangkok pipa sucsen ke tabung pemanas
  2. ac split 1 set
  3. tabung pemanas
  4. dan kalkulasi keuntungnya

Penjelasan Tentang AC Plus Water Heater – Pemanas air menggunakan AC atau Air Conditioner sedangkan Water Heater merupakan jenis pemanas air yang memanfaatkan energi panas yang dihasilkan oleh AC (Air Conditioner). Ini merupakan inovasi yang masih terbilang baru untuk sebuah pemanas air. Dengan pemanas air AC (Air Conditioner) ini tidak memerlukan energi tambahan baru untuk mendapatkan air panas untuk keperluan rumah tangga, seperti mandi misalnya. Tidak semua tipe AC bisa “dicangkok” dengan pemanas air ini. Umumnya tipe AC (Air Conditioner) split yang bisa dicangkok, sedang tipe AC (Air Conditioner) windows tidak bisa.

Prinsip kerja AC (Air Conditioner) Water Heater

AC menggunakan gas Freon sebagai bahan pendinginnya. Ketika masuk ke Indoor Unit (Evaporator) suhu freon sangat dingin. Suhu yang dingin dari freon dihembuskan keluar untuk mendinginkan ruangan. Suhu ruangan yang lebih panas akan dihisap sehingga freon menjadi panas ketika keluar dari Indoor Unit dan seterusnya masuk ke Outdoor Unit. Setelah masuk ke Outdoor Unit dan sebelum didinginkan di bagian Condenser, freon panas dikompres (dimampatkan) oleh Compressor sehingga suhu freon menjadi lebih panas lagi. Suhu freon yang sangat panas ini didinginkan kembali dengan cara ditiup kipas dibagian condenser. Dan freon kembali masuk ke Indoor Unit melewati expansion valve untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh compressor. Begitu seterusnya.

Pada Pemanas Air AC, suhu freon yang sangat tinggi yang keluar dari compressor disalurkan ke elemen pemanas (heat exchanger) yang ada di dalam tangki dan memanaskan air yang ada di dalam tangki tersebut.

Setelah keluar dari elemen pemanas yang ada di dalam tangki pemanas, suhu freon tidak terlalu panas dan didinginkan kembali di bagian condenser Outdoor Unit. Keluar dari Outdoor Unit freon yang dingin kembali masuk ke Indoor Unit untuk mendinginkan ruangan. Begitu seterusnya.

Jadi Tangki Pemanas Air yang telah di-design khusus untuk menyimpan dan memanaskan air ini, di-cangkok-kan pada jalur pipa tembaga freon setelah compressor, AC Split setelah dicangkok tangki pemanas air.

Kesimpulannya, Pemanas Air jenis ini 100% tergantung pada kerja AC (Air Conditioner) Split. Seberapa banyak kuantitas dan kualitas (suhu air) air panas yang anda dapatkan tergantung seberapa lama AC Split bekerja terus menerus (on) dan seberapa besar kapasitas Tangki Pemanasnya.

Pada beberapa kasus pemakaian AC (Air Conditioner) untuk rumah tangga, dengan alasan biaya listrik, AC hanya dipakai pada saat-saat tertentu saja, hanya pada malam hari saat mau tidur misalnya. AC (Air Conditioner) menyala efektif hanya sebentar, beberapa jam saja. Dan berakibat pemanas air juga tidak bekerja maksimal, apalagi jika kapasitas Tangki Pemanasnya besar.

Untuk mengatasi masalah ini, produsen Pemanas Air jenis ini telah menyiapkan banyak pilihan Tangki Pemanas yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Mulai dari ragam pilihan kapasitas tangki: kecil, sedang, besar, sampai ke jumlah heat exchanger nya: single heat exchanger dan double heat exchanger, menggunakan 2 AC (Air Conditioner) Split.

Di samping itu ada juga Tangki pemanas double heat exchanger yang salah satu heat exchanger-nya menggunakan energi listrik sebagai cadangan ketika pemanasan dari AC  tidak cukup untuk memanaskan air dalam tangki.

Apabila sudah terlanjur menggunakan water heater listrik untuk masalah kerusakan hubungi jasa Service water heater yang sudah handal ada di jakarta selatan

 

5 thoughts on “Cara AC bisa di gunakan juga sebagai pemanas air

  1. aldi

    pak saya dari PT Nusantara Regas boleh bertanya kami mempunyai tangki water bath heater dengan kapasitas 20 kL dengan pemanas natural gas..dengan suhu air di bath nya 70C untuk mendapatkan suhu gas 30C. Kami ingin mengefisiensikan penggunaan dan diganti dengan yang lebih efisien..kalau mau menggunakan panas AC apakah bisa..karena keluaran outdoor AC berjarak sekitar 80 meteran dari tangki..saya mau share saja pak apakah cara lain..terima kasih

    Reply
  2. Rosi

    Pak saya punya heater menggunakan pemanas AC kemaren habis pindahan dan dipasang seperti semula, tapi air yg keluar tidak panas hanya hangat, mohon info dan solusinya, terima kasih atas bantuannya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *