Tentang AC low watt dan AC inverter

      4 Komentar pada Tentang AC low watt dan AC inverter

Tentang ac low watt dan ac inverter

Mungkin anda bertanya tanya apa sih perbedaan tentang AC low watt dan AC inverter kalo untuk pemakain listrik hampir sama tpi untuk kecanggihan lebih unggul AC inverter di bandingkan AC low watt disini kami Bintang Service selaku Jasa Service AC jakarta selatan akan mengulas tentang AC Low watt dan AC inverter

Sejak kemunculan AC Low Watt dan AC Inverter, sering sekali pertanyaan mengenai AC Low Watt dan AC Inverter yang kami terima… Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan kami rangkum dibawah ini. Jawaban dari semua pernyataan ini adalah hanya untuk merk Panasonic dan Daikin sebagai 2 merk terbaik AC di Indonesia bahkan di dunia yang toko kami jual.

Lebih irit mana AC Low Watt sama AC Inverter?

AC Low Watt memiliki Watt yang stabil yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. contoh (1PK standard Panasonic 835 Watt Vs 660 Watt untuk tipe Alowa atau Alowa Ion) Sedangkan untuk tipe Inverter Watt-nya bervariasi dari 225 – 920 Watt dengan cara kerja pada waktu Start Watt AC akan 920 Watt untuk mempercepat pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, kinerja kompressor akan dikurangi sehingga watt bisa turun sampai 225.

Nah untuk menjawab pertanyaan lebih irit mana, tergantung dari pemakaian. Kalau AC sering dinyala-matikan seperti contoh di ruangan main anak dimana AC hanya nyala 2 atau 3 jam per hari, AC Low Watt tentu lebih hemat daripada tipe Inverter. Berbeda dengan misalnya AC untuk kamar tidur dimana AC mungkin menyala sekitar 8 – 10 jam per hari, listrik AC Inverter tentu saja lebih irit karena mampu menurunkan daya hingga 225 Watt terutama di dini hari sekitar pukul 3 – 5 pagi.

Contoh lain seperti di ruangan Karaoke. Salah satu klien kami, Happy Puppy Karaoke Keluarga juga memiliki pertanyaan yang sama, untuk ruang karaoke mereka meminta saran untuk penggunaan AC yang paling irit. Kami memberikan saran AC Alowa Panasonic dengan Watt rendah bukan AC Inverter karena AC di ruangan karaoke hanya dinyalakan apabila ruangan akan digunakan. Begitu customer selesai menggunakan ruangan karaoke, AC akan segera dimatikan. Oleh karena itu kami menyarankan AC dengan Watt rendah.

AC Inverter lebih mahal dibanding yang Low Watt, worth it ga ya? apa nggak mendingan beli yang low watt aja, lebih murah?

Pertanyaan kedua ini juga sering sekali ditanyakan oleh customer kami. Jawabannya simpel. AC Inverter memang lebih mahal bahkan bisa berbeda lebih dari sejutaan.

Banyak customer kami yang bilang “ah mahal amat AC Inverter bedanya sampe satu setengah juta!” Well, apabila AC tersebut dinyalakan sepanjang malam setiap harinya, dalam waktu 1 tahun, anda akan balik modal, dan setelah itu anda dapat menikmati hemat listrik dan turun-nya jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya.

Kemudian AC tipe Inverter merupakan AC top of the line bagi merk Daikin dan Panasonic, jadi tentu saja AC tipe tersebut telah dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Sebagai contoh AC Panasonic Inverter 1 PK telah dilengkapi teknologi Aerowings, P-Tech, iAutoX, Nanoe-G yang dapat menetralisir virus, bakteri, asap rokok, bahkan virus flu burung yang ada di udara, dan di permukaan sofa atau tempat tidur. Kemudian ada lagi teknologi EcoNavi Dual Sensors dimana teknologi ini mampu mendeteksi keberadaan manusia, dan mendeteksi sinar matahari. Sedangkan di tipe Alowa (Watt rendah) teknologi tersebut tidak tersedia.

Sama juga di Daikin Inverter versus Daikin Standard China. Di Daikin Inverter telah dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia dan filter anti bakteri, sedangkan di Daikin tipe standard China dengan Watt rendah tidak dilengkapi fitur tersebut. Jadi sebenarnya anda memperoleh kelebihan dari harga yang anda bayarkan. BTW kalau anda bingung dengan segala fitur-fitur yang ada di AC Panasonic, anda dipersilahkan membaca artikel

Outdoor AC Low Watt lebih berisik ya dibanding AC Inverter atau AC tipe lain?

Nah untuk pertanyaan ini, jujur dari pengalaman kami jawaban kami adalah YA. AC Low Watt menggunakan kompressor dengan daya lebih kecil dari AC tipe lainnya, kalaupun tidak berarti mereka memotong kinerja kompressor sehingga Watt yang digunakan lebih rendah dari tipe standard atau tipe lainnya. Oleh karena itu Outdoor AC Low Watt menjadi lebih berisik dibanding tipe Inverter.

Jadi kalo kinerja kompressor dipotong AC Low Watt jadi kurang dingin dong?

AC Low Watt mungkin saja memotong kinerja kompressor, namun untuk masalah dingin kami yakin PASTI SAMA dengan AC tipe lain kecuali AC Inverter (saya akan jelaskan di pertanyaan selanjutnya). AC Low Watt memiliki kemampuan mendinginkan ruangan yang sama dengan AC tipe lain, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan menjadi lebih lama dibanding AC standard dengan Watt 835 versus Watt 660 untuk tipe Low Watt, karena kerja kompressor yang tidak sekuat AC dengan Watt lebih besar.

Maksudnya semua tipe AC sama dinginnya kecuali AC Inverter?

AC Inverter menggunakan Freon R410A, AC tipe lain menggunakan Freon R22. Bedanya apa sih? Bedanya Freon R22 masih merusak Ozone, dan di negara lain sudah dilarang digunakan, di Indonesia sendiri Freon R22 harus dihentikan penjualannya dari pabrik ke dealer pada bulan Januari 2015, namun dealer AC masih boleh menjual sisa stok sampai habis. Freon R410A tidak merusak Ozone, tapi ada kekurangannya. Bila Angka Index dingin Freon R22 adalah 100, maka Freon R410A hanya 92. Jadi banyak juga customer kami yang suka komplen kalau AC Inverter mereka ga sedingin AC lama mereka yang menggunakan Freon R22. Hal ini secara scientific salah karena SEMUA pabrikan AC sudah memastikan bahwa suhu udara yang keluar dari unit Indoor haruslah dibawah 10 derajat Celsius.

Nah yang membedakan adalah “feel” atau rasa di kulit. Karena angka index dingin Freon R410A hanya 92, makanya AC Inverter itu TIDAK BISA membuat dingin menusuk tulang seperti AC yang menggunakan Freon R22. Ini bukan karena AC tipe Inverter jelek, hanya karena karakteristik Freon itu sendiri yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Trus kalo R22 dilarang, gantinya apa dong?

Gantinya R22 adalah R32, dimana Freon tersebut tidak merusak ozone bahkan memiliki angka index dingin 160, jadi akan terasa jauh lebih dingin di kulit bahkan dari Freon R22. Kekurangannya adalah Freon R32 lebih mudah terbakar dibanding R22 atau R410A, namun tidak perlu takut ataupun ragu, karena lebih mudah terbakar disini hanya beda sedikit dan sama sekali tidak berbahaya. Daikin adalah pabrikan AC pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 di line up AC mereka dimulai bulan Januari 2015 di Indonesia, diikuti oleh Panasonic yang juga akan mulai menjual produk AC Split yang menggunakan Freon R32 mulai Februari 2015. Untuk mengetahui perbedaan Freon R32, R22, dan R410A

Jadi kalau pake AC Inverter pasti jadi ga bisa dingin banget dong ya?

  • Untuk jawabannya, YA dan TIDAK.
  • Ya karena memang karakteristik Freon yang menyebabkan perbedaan rasa di kulit tadi, TIDAK karena seluruh line up AC Inverter Daikin sudah menggunakan Freon R32! Hemat listrik dan dingin menusuk tulang! tipe ini tersedia mulai 1/2 PK sampai 3 PK. Daikin adalah merk AC pertama di Indonesia yang menyediakan tipe Inverter yang sudah menggunakan Freon R32. .

kami untuk melihat price list lengkap AC Daikin. Sedangkan untuk line up AC Inverter Panasonic 2015 (CS-S RKP Series) masih menggunakan Freon R410A dan baru mulai tahun 2017 mereka menggunakan Freon R32.

Jadi boleh ga dirangkum kelebihan dan kekurangan AC Low Watt dan AC Inverter, terus mending pake yang mana?

Keunggulan tentang AC Low Watt:

  1. Lebih murah jauh dari AC Inveter
  2. Kalau AC sering dinyala-matikan sebentar-sebentar, lebih hemat pemakaian listriknya
  3. Sudah menggunakan Freon R32 untuk merk Panasonic jadi secara rasa di kulit akan lebih dingin dari AC Inverter. Sedangkan untuk Daikin tipe Watt rendah (Standard China) menggunakan Freon R410A.

Kekurangan tentang AC low watt :

  • Untuk mencapai suhu yang diinginkan lebih lama dibanding AC Inverter
  • Outdoor lebih berisik dibanding tipe Inverter
  • Karena dianggap memiliki kasta dibawah tipe Inverter, teknologi yang disematkan di dalam tipe ini tidak selengkap tipe Inverter
  • Kalau AC nyala lama lebih dari 4 jam per hari, tipe Inverter lebih hemat pemakaian listriknya

Keunggulan tentang Untuk AC Inverter :

  1. Merupakan AC Top of the line untuk Panasonic dan Daikin sehingga memiliki semua teknologi yang dimiliki masing-masing merk
  2. Jauh lebih cepat mendinginkan ruangan dibandingkan tipe Low Watt, terutama dengan
  3. teknologi iAutoX Panasonic, AC Inverter Panasonic menjadi AC yang paling cepat mendinginkan ruangan di Indonesia.
  4. Semakin lama AC dinyalakan, semakin hemat pemakaian listriknya

Kekurangan tentang AC inverter :

  1. jauh lebih mahal dibandingkan tipe Low watt
  2. Menggunakan Freon R410A yang secara general memiliki tingkat index dingin yang lebih rendah dibandingkan tipe Low Watt (kecuali AC Daikin Inverter yang semua tipenya sudah menggunakan Freon R32)
  3. Kalau AC sering dinyala-matikan akan lebih boros konsumsi listrik dibandingkan tipe Low Watt, dan apabila setting suhu-nya salah, penghematannya jadi tidak berarti.

Mau pakai yang mana? sesuaikanlah dengan bujet awal pembelian AC dan cara penggunaan AC itu sendiri, apakah sering dinyala-matikan atau nyala sepanjang malam. yang harus di perhatikan juga Cara pengisian freon atau refrigent agar AC lebih dingin dan lebih awet.

Untuk perbaikan AC inverter jangan sampai coba coba panggil sebarang tukang ac hasil nya bias fatal panggil tukang AC yang sudah anda kenal dan propesional . Kami rekomedasikan untuk perbaikan AC hubungi Contact Service

 

4 thoughts on “Tentang AC low watt dan AC inverter

  1. andrisds123@gmail.com

    hallo gan saya punya ac inverter merk sharp dengan basis low watt. apakah benar bloum 2 taon pemakaian kok udeh ada kebocoran freon yaa. betul ga sih. padahal yang mengerjakan service cuci nya orang service center. mohon solusi nya gan.

    Reply
  2. Pingback: service ac sarua | | Andalastechnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *